• Status Order
  • Tlp: (021)7341642 / 08129225038
  • SMS/WA: 08129225038
  • BBM : D266EE1D
  • qiosgorden@yahoo.com
Terpopuler:

Tips Memasang Wallpaper dengan Mudah

01 April 2017 - Kategori Blog

Tips Memasang Wallpaper dengan Mudah

Mungkin masih banyak yang berpikir, jika pemasangan wallpaper di rumah harus dilakukan oleh tenaga-tenaga ahli dan profesional. Jika tidak demikian, wallpaper yang dipasang tidak sesuai dengan keinginan. Padahal, memasang wallpaper juga dapat dilakukan sendiri dengan hasil yang sama memuaskannya.

Memang, ada beberapa jenis bahan wallpaper yang harus dipasang oleh orang yang ahli. Namun, ada juga wallpaper yang dapat dipasang sendiri dengan mudah tanpa khawatir. Wallpaper dari bahan vinil contohnya, jenis bahan ini bisa dipasang oleh siapapun di rumah.

Setelah mendapatkan material dari supliyer wallpaper, segera siapkan dan lakukan hal-hal seperti berikut ini.

Periksa Kondisi Dinding

Sebelum pemasangan dilakukan, periksa dahulu kondisi dinding ruangan. Pastikan dinding kering, tidak basah dan lembap. Kondisi dinding yang basah atau lembap dapat memengaruhi kerekatan wallpaper pada dinding. Sebaiknya, biarkan dinding benar-benar kering terlebih dahulu. Setelah kering, bersihkan dinding dari kotoran yang menempel.

Siapkan Peralatan Lengkap

Agar pemasangan dapat dilakukan dengan lancar, siapkan juga peralatan yang lengkap. Peralatan yang biasa dibutuhkan dalam proses pemasangan wallpaper ini di antaranya adalah pisau kecil, lem, kuas lem, alas plastik, pensil, benang, pemberat, spons, wadah lem, ampelas, kapi, dan roller cat.

Jika dinding yang akan dipasangi wallpaper telah siap, campurkan lem dengan air. Buat dua adonan lem dengan satu adonan lebih kental dibandingkan adonan lainnya. Adonan lem yang lebih kental ini digunakan sebagai perekat sambungan.

 

 

 

Pengukuran Ruangan

Agar wallpaper yang digunakan tidak sia-sia, ukur terlebih dahulu panjang dan lebar permukaan dinding. Ukuran yang ada sebaiknya diberi jarak 1 hingga 1,5 sentimeter untuk bagian sambungan.

Memotong Wallpaper

Setelah mendapatkan ukuran yang tepat dan sesuai, saatnya memotong wallpaper yang ada. Potong dan bagi wallpaper menjadi panel-panel sesuai dengan kebutuhan. Material yang didapat dari supliyer wallpaper biasanya telah dilengkapi dengan instruksi dan petunjuk pemasangan. Disitu juga dijelaskan bagaimana menyelaraskan motif dari potongan-potongan wallpaper.

Untuk pemotongan ini, sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan orang-orang yang telah terbiasa memasang wallpaper. Jika tidak hati-hati, hasil potongan bisa berantakan dan tidak sesuai dengan instruksi.

Mulai Memasang

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan ketika akan memulai memasang wallpaper pada dinding. Tahap-tahap tersebut, seperti:

  • Menentukan posisi awal pemasangan

Gunakan pensil untuk membubuhkan tanda pada dinding. Pakai benang dengan pemberat agar dapat lurus dan rapi.

  • Memberi lem pada dinding

Sesudah dibuat tanda, aplikasikan lem pada dinding menggunakan roller. Hati-hati dalam menempelkan lem pada dinding. Lakukan secara perlahan dan tidak terburu-buru.

  • Pasang Wallpaper pada dinding

Setelah dinding telah dilapisi lem, mulailah memasang wallpaper sesuai dengan tanda yang sudah dibuat. Pastikan wallpaper dapat tertempel erat pada dinding. Ratakan dengan tangan agar rekatan yang dihasilkan sempurna.

  • Menempel Sambungan

Pada bagian sambungan, gunakanlah adonan lem kental yang telah dibuat sebelumnya. Gunakan kuas khusus untuk mengaplikasikan adonan lem yang ada.

  • Ratakan Wallpaper

Ratakan permukaan wallpaper yang telah terpasang dengan menggunakan penggaris. Jika ada kelebihan lem yang terlihat, gunakan spons untuk menyerap kelebihan lem tersebut. Lakukan dengan hati-hati dan pastikan lapisan wallpaper telah melekat secara merata pada permukaan dinding. Potong sisa wallpaper yang ada dengan menggunakan pisau kecil yang sudah disiapkan.

Pengecekan Ulang

Setelah wallpaper terpasang seluruhnya pada permukaan dinding, cek kembali apakah semuanya telah terpasang dengan rapi, terutama di bagian sudut dan sambungan. Cek juga kerekatan wallpaper pada permukaan dinding. Jika masih belum merekat kuat, tambahkan lem agar wallpaper dapat merekat sempurna. Terakhir, cek juga apakah wallpaper telah menempel dengan rata dan tidak bergelombang.

Nah, tidak terlau sulit bukan memasang wallpaper sendiri di rumah? Jika membutuhkan bantuan, sebaiknya segera hubungi supliyer wallpaper atau tukang yang profesional untuk meminta petunjuk pemasangan yang baik dan benar.