• Status Order
  • Tlp: (021)7341642 / 08129225038
  • SMS/WA: 08129225038
  • BBM : D266EE1D
  • qiosgorden@yahoo.com
Terpopuler:

Perlukah Menggunakan Wallpaper pada Dinding Rumah?

30 March 2017 - Kategori Blog

Perlukah Menggunakan Wallpaper pada Dinding Rumah?

Penggunaan wallpaper atau kertas dinding memang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Motif dan desainnya yang menarik, mampu membuat tampilan bagian dalam rumah menjadi lebih indah dan sedap dipandang mata. Semakin menariknya lagi, sudah banyak toko wallpaper yang menjual pelapis dinding ini secara online.

Sayangnya, masih ada beberapa orang yang berpendapat jika penggunaan wallpaper tidak terlalu diperlukan. Mereka masih memilih cat dinding sebagai metode konvensional dalam menghias dinding rumah. Penggunaan wallpaper dinilai terlalu merepotkan.

Penggunaan kertas pelapis dinding ini sebenarnya memiliki beberapa keunggulan. Berikut 5 kelebihan yang bisa didapatkan saat menggunakan wallpaper pada dinding rumah.

Sebagai Penghias Ruangan

Umumnya, wallpaper dinding yang digunakan terbuat dari bahan vinil. Jenis kertas dinding ini banyak diminati karena pada permukaannya juga dilapisi dengan bahan polivinil klorida (PVC) yang membuatnya lebih kuat dan tahan air. Maka, tidak perlu khawatir jika terjadi kebocoran di dalam rumah.

Alasan pertama mengapa perlu menggunakan wallpaper adalah karena fungsinya yang dapat dijadikan sebagai penghias ruangan. Pilihan motif yang beragam dengan warna-warna indah mampu membuat dinding ruangan tampil lebih cantik. Anda bisa menyesuaikan motif yang akan digunakan dengan tema ruangan yang ada.

Misalkan, untuk ruang tamu yang bertema victorian, kita dapat menggunakan kertas dinding dengan motif flora, geometris, atau garis dengan warna-warna khas, seperti cokelat mahoni, merah marun, atau hijau zaitun. Sedangkan untuk kamar anak, bisa menggunakan wallpaper dengan motif 3D atau gambar dari serial animasi favorit mereka.

Pengganti Cat Dinding

Penggunaan cat sebagai penutup dan pelapis dinding memang masih banyak dilakukan. Metode konvensional ini dinilai lebih efektif daripada harus memasang kertas atau bahan lain sebagi pelapis dinding. Meskipun banyak pilihan warna yang bisa digunakan, tetapi perpaduan warna yang tidak sesuai dapat menghasilkan kesalahan fatal ketika mulai diaplikasikan ke dinding rumah.

Dalam menggunakan cat dinding, kita perlu memperhatikan sapuan kuas. Jika hanya asal mengecat saja, bisa-bisa dinding tidak dapat tertutup cat secara sempurna. Untuk melakukan pekerjaan ini, memang dibutuhkan keahlian dan keterampilan khusus. Tidak sembarang orang mampu mengecat dinding dengan hasil sempurna.

Lain halnya dengan pengaplikasian wallpaper dinding. Semua orang dapat memasangnya dengan mudah tanpa memerlukan keahlian khusus.

Penutup Retakan

Meskipun dinding telah dicat sempurna, tetapi kadang retakan yang ada tidak dapat ditutupi. Pada dasarnya, cat yang diaplikasikan hanya untuk melapisi permukaan tembok agar tampak lebih berwarna saja. Cat yang digunakan tetap tidak dapat menutupi keretakan yang ada, bahkan cat yang ada kadang juga ikut mengalami keretakan.

Solusi mudah untuk dapat menutup retakan pada dinding ini adalah dengan menggunakan wallpaper sebagai pelapis dinding. Karena merupakan lapisan dengan strutktur sendiri, kertas pelapis dinding ini tidak mungkin akan ikut retak bersama dengan dinding.

Namun, jika terdapat banyak retakan pada dinding, diperlukan penanganan tersendiri sebelum wallpaper dipasang. Dinding rumah dengan banyak retakan memang perlu ditangani secara khusus sebelum membahayakan penghuni rumah.

 Pemasangan yang Mudah

Seperti yang sudah disinggung di atas, dibandingkan dengan mengecat dinding, akan lebih mudah jika menggunakan wallpaper. Karena pemasangannya yang mudah, semua orang bisa melakukannya, termasuk Anda.

Sebelum pemasangan, lakukan pengukuran dinding terlebih dahulu. Setelah diukur, barulah wallpaper dipotong sesuai ukuran yang ada.  Pastikan juga dinding yang akan dilapisi wallpaper kering, tidak basah atau lembap.

Dibandingkan dengan cat dinding, wallpaper telah terbukti memiliki daya tahan yang cukup lama. Jika dipasang dengan cermat dan teliti, wallpaper dinding bisa bertahan hingga 15 tahun tanpa khawatir warnanya memudar seperti cat dinding. Lebih menguntungkannya lagi, harga wallpaper dinding ini cukup terjangkau.

Dapatkan wallpaper dengan motif-motif favorit di toko wallpaper terdekat atau di toko online seperti http://qioswallpaper.com/.