Lantai Kayu Vinyl

09 Februari 2022 - Kategori Blog

Lantai kayu memang menjadi favorit desain interior untuk kebanyakan lantai rumah. Walaupun banyak orang yang masih memakai lantai keramik, marmer atau ubin, penggunaan lantai kayu pun masih banyak dipakai oleh sebagian orang seperti penggunaan Lantai Parket. Hanya saja untuk memilih lantai kayu parket ini membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Adapun alternative paling mudah dengan pilihan harga terjangkau dibandingkan lantai parket atau kayu ialah pemakaian Lantai Vinyl. Bagi Anda yang masih belum familiar dengan lantai vinyl, mari kita bahas ulasannya dalam artikel ini. Harga vinyl lantai per meter memang cukup terjangkau. Lantai vinyl merupakan sejenis pelapis pada lantai dari bahan vinyl dan tersedia lewat bentuk ubin atau lembaran. Selain itu, lantai vinyl adalah sejenis lantai yang harganya paling terjangkau dibandingkan pelapis lantai jenis lainnya. Inilah alasan kenapa banyak orang menggunakan Lantai Vinyl sebagai pelapis lantai.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Bagi Anda yang tertarik dengan Lantai Vinyl, ada beberapa keunggulan dan kekurangan dari lantai vinyl,  Berikut kelebihan yang dimiliki oleh lantai vinyl :

  1. Permukaan Lebih Halus

Lantai vinyl mempunyai permukaan lebih halus jika dibandingkan lantai solid wood. Lantai vinyl juga mempunyai lapisan bawah yang berupa kain atau busa sehingga membuatnya terasa lembut dan nyaman saat dipijak.

  1. Banyak Corak dan Warna yang Tersedia

Lantai vinyl menawarkan berbagai macam corak, tekstur, dan warna. Hal ini dikarenakan, lantai vinyl adalah lantai pabrikasi yang produksinya biasanya disesuaikan dengan warna dan corak asli dari material kayu.

Dengan kata lain, jika dilihat sekilas lantai ini tak jauh berbeda dari lantai parket atau lantai kayu asli.

  1. Awet dan Tahan Lama

Tingkat ketahanan dan keawetan dari lantai vinyl lebih lama, inilah alasan kenapa banyak orang lebih memilih pelapis lantai yang satu ini. Pasalnya Lantai Vinyl bisa bertahan hingga kisaran waktu 15-20 tahun lamanya. Dengan perawatan yang sangat mudah. Dalam hal ini, Anda cukup dengan menyapunya dan mengepelnya saja secara rutin agar debu dan kotoran pada lantai hilang, sehingga lantai pun tetap bersih.

  1. Harga Terjangkau

Keuntungan lainnya ialah harga vinyl per meter bisa dikatakan lebih terjangkau dibandingkan pelapis lantai yang lainnya.

Namun, di samping kelebihan ada juga beberapa kekurangan pemakaian lantai vinyl, diantaranya sebagai berikut :

  1. Kurang Cocok Bagi yang Sensitif Dengan Bahan VOC

Dikarenakan lantai vinyl sendiri terbuat dari bahan PVC atau Polyvinyl Chloride. Dimana PVC bisa melepaskan Volatile Organic Compounds atau VOC ke udara yang bisa menyebabkan bahaya bagi orang yang hipersensitif terhadap bahan tersebut. Namun Anda tak perlu khawatir, karena dewasa ini pemakaian bahan PVC pada lantai vinyl sendiri mulai dikurangi.

  1. Mudah Copot dan Mengelupas

Perhatikan pemasangan pelapis lantai vinyl ini dengan benar. Sebab jika lantai pada lapisan pertamanya dalam kondisi kurang maksimal, lantai vinyl bisa lebih mudah copot dan mengelupas. Sehingga dampaknya bisa mengurangi tingkat keawetan dan kualitas lantai vinyl itu sendiri.

Dengan kata lain, dalam pemasangannya Anda harus memastikan lapisan pertama lantai harus dalam kondisi yang maksimal. Hal ini berbeda dengan cara pasang lantai parket yang tak cukup mudah.

  1. Mudah Tergores

Dikarenakan vinyl adalah pelapis lantai dan bukan seperti kayu parket atau solid wood flooring, maka penggunanya harus berhati-hati saat memindahkan barang, atau sejenis benda tajam sebab jika menggores lapisan lantai vinyl, bisa membuat lantai sulit untuk diperbaiki serta harus menggantinya.

Meskipun masih memiliki kekurangan, tapi lantai ini bisa menjadi alternative bagi Anda yang merasa keberatan dengan harga parket per meter atau harga lantai kayu yang cukup mahal.

  1. Vinyl Tile

Jika Anda kurang menyukai lantai keramik sebagai penutup lantai, mengingat sifatnya yang mudah tergores dan retak, maka Anda dapat memilih lantai vinyl tile. Jenis lantai vinyl ini mempunyai tampilan persis seperti keramik, dan ukurannya pun mirip seperti bahan keramik.

  1. Vinyl Plank

Vinyl plank berbentuk persegi panjang, vinyl jenis ini mempunyai ukuran panjang sekitar 90-100 cm dengan lebar 10 cm-20 cm. Jenis vinyl ini biasa disebut sebagai vinyl kayu sebab memiliki motif mirip seperti kayu asli. Apabila Anda ingin menampilkan interior bernuansa etnik, maka Anda bisa mengaplikasikan penggunaan vinyl plank.

  1. Vinyl Roll

Vinyl jenis ini mirip seperti karpet tapi tak berbulu. Seringkali vinyl roll disebut juga sebagai vinyl karpet. Apabila Anda ingin memakai vinyl yang motifnya berbeda, maka jenis ini bisa dijadikan alternative. Belum lagi harga lantai vinyl per meternya juga cukup terjangkau jika dibandingkan jenis lain.

 

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

 
Chat via Whatsapp